Sam

"Don't Just Feel Special, Be Special"

Rabu, 26 April 2017

Mengkoneksikan Router Mikrotik dengan Wifi

13.15 Posted by Unknown No comments
Tutorial Menghubungkan Wifi Android ke Router Mikrotik

Menyalakan Wifi

1. pertama, kalian nyalain wifi nya dulu dari android kalian. lalu kalian isikan pula nama SSID, tipe keamanan, dan beserta passwordnya. untuk lebih jelasnya saya menggunakan widi dari android saya langsung dan tampilannya ada di bawah.


Koneksikan Wifi

1. setelah wifi android udah nyala, sekarang kita konfigurasi mikrotik agar terhubung ke Wifi android yang kita buat sebelumnya. cek terlebih dahulu interface Wlan pada mikrotiknya sudah aktif atau belum.
"interface print"
setelah keliatan interface yang ada, dan tampak interface wlan serta pada awalannya ada tanda X berarti.. tuh interface Wlan nya belum nyala, maka kita nyalain terlebih dahulu interface wlan nya.
"interface enable wlan1"
setelah di aktifin interface wlan jangan lupa untuk mengecek kembali.. untuk kejelasannya bisa lihat gambar di bawah..
2. selanjutnya buat security profile buat wifi android yang akan kita konekin nantinya. security profile berguna untuk mengkoneksikan wifi yang ada passwordnya. untuk konfigurasi bisa lihat gambar di bawah.
Penjelasan :

  • interface wireless security-profiles : tempat settingan security profile berada.
  • add name=renaldysamuel : nama security file yang akan kalian buat nanti.
  • mode=dynamic-keys : mode security yang di gunakan. 
  • authentication-types=wpa2-psk : tipe authentication security yang akan kalian gunakan, disini kenapa saya memilih wpa2-psk? karena pada settingan android saya tipe security yang digunakan wpa2-psk, jadi pada mikrotik saya pilih tipe nya seperti itu juga.
  • wpa2-pre-shared-key=12345678 : adalah password atau sandinya pada wifi android kalian.

3. Selanjutnya kita setting interface wireless nya lagi pada bagian mode Wireless nya. untuk konfigurasi nya kalian bisa lihat gambar di bawah.

  • mode=station : mode wireless yang digunakan station,, untuk mode station ini digunakan untuk sebagai wireless penerima atau wireless client pada topologi PTP (PointTo Point) atau PTMP 
  • band=2ghz-b/g/n : merupakan band yang kita pilih, kenapa saya memilih 2ghz-b/g/n? di karenakan pada settingan Wifi android nya saya memilih settingan Frekuensi nya 2,4Ghz
  • security-profiles=adityax : adalah security profile yang kita buat sebelumnnya dan kita gunakan.

4. selanjutnya edit wlan SSID nya.

Setelah itu kalian masukkan nama SSID di Wifi hotspot android kalian, karena saya membuat SSID pada Hotspot Wifi android dengan nama Renaldi Samuel jadi yang saya masukkan adalah Renaldi Samuel juga. untuk kejelasannya bisa lihat gambar di bawah.
5. kemuadian kita cek interface wireless nya untuk memastikan konfigurasi nya sudah benar atau belum serta udah konek belum ke Hotspot android nya..

pada gambar di atas sudah tertampil bahwa konfigurasi yang kita buat sebelumnnya sudah benar dan pada gambar yang telah saya tandai yang ada tulisan R yang berarti Wireless pada Router kita sudah konek ke Hotspot android kita.

6. selanjutnya kita buat ip dhcp client pada router mikrotik agar router tersebut mendapatkan IP dari Hotspot android tersebut.. untuk konfigurasi bisa lihat gambar di bawah.
7. pada gambar di bawah telah tertampak bahwa kita telah membuat settingan dhcp client khusunya di bagian add-default-route sudah menjadi yes,kenapa kok gk dapet IPnya ya? itu di karenakan dhcp client kita itu belum aktif atau masih disabled, untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat pada gambar yang telah saya tandai dengan tulisan XI yang menandakan bahwa dhcp client interface wlan1 tersebut masih belum aktif.
karena interface dhcp client kita belum aktif, maka yang harus kita lakukan adalah mengaktifkan interface dhcp client nya. untuk konfigurasi kalian bisa lihat gambar di bawah ini.
8. setelah kita mengaktifkan dhcp client di interface wlan1, selanjutnya adalah mengecek kembali sudah aktif atau belum serta dah dapet IP nya atau belum. untuk konfigurasi kalian bisa liihat gambar di bawah..
9. setelah mendapat IP address ya sekarang kita coba dengan test ping goole, bagi yang hotspot adnroid nya gk ada kouta gk usah di paksain buat ngeping karena gk bakalan bisa buat ngeping.. tapi tenang aja yang penting kan udah berhasil konekin Router Mikrotik Ke Wifi Android.
 10.Untuk mengaktifkan firewall yang akan digunakan nanti pada Client maka anda harus mengaturnya dengan mengetikkan script source nat dibawah ini

0 komentar:

Posting Komentar