Sam

"Don't Just Feel Special, Be Special"

Sabtu, 29 April 2017

Lab 8.10 Load Balancing Web Server Apache

01.46 Posted by Unknown No comments
Mod Proxy of Load Balance Apache


Load Balance adalah metode untuk membagi beban trafik pada dua atau lebih jalur koneksi. Hal ini berfungsi agar trafik berjalan optimal, memaksimalkan throughput, memperkecil waktu tanggap dan meminimalisir terjadinya overload.

Konfigurasi Server Controller (Balancer)

1) Pertama, buat terlebih dahulu file .conf  untuk konfigurasi server yang akan di balancing pada directory /etc/httpd/conf.d/. Untuk namanya bebas terserah kalian
nano /etc/httpd/conf.d/"nama file".conf
 2) Kemudian tambahkan script seperti gambar dibawah ini

  • ProxyRequests Off  adalah untuk menonaktifkan fitur default proxy dari mod_proxy.so.
  • ProxyPass adalah script yang berfungsi untuk menentukan kemana proxy bisa mengakses, dan pada gambar diatas dibolehkan proxy mengakses ke "/" dari balancer://samuel/. 
  • lbmethod merupakan metode apa yang akan digunakan untuk load balancingnya,disini saya mengaturnya menjadi byrequest yang artinya balancer akan bekerja berdasarkan request dari client. 
  • <proxy balancer://samuel> merupakan module proxy yang digunakan untuk load balancing, karena tadi pada ProxyPass saya membuatnya dengan balancer://samuel, maka dari itu harus disamakan juga, jika tidak load balancer tidak akan berjalan. 
  • BalancerMember merupakan Member dari Server yang akan dibalancing. 
  • loadfactor ini merupakan berapa kali atau berapa banyak request maksimal yang dapat dilakukan client pada satu server, jika sudah request maksimal sesuai dengan apa yang di tentukan, maka server load balancer akan mengarahkan ke server lainnya yang telah di balancing. 

3) Setelah itu restart service httpd
systemctl restart httpd
Sebelum melakukan pengetesan pada client, edit terlebih dahulu file html untuk menampilkan halaman web pada server yang di balancing agar mengetahui atau melihat perubahan yang terjadi

Verifikasi Client

1) Akses Web Server tersebut dengan menuliskan nama domain atau ip pada Address bar Web Browser client.

Akses pertama akan menampilkan Web dari node1 
 Setelah merefresh maka akan masih tampil halaman Web node1 dan akan berubah menjadi node2 saat anda merefresh untuk yang ke-3 kalinya,hal ini dikarenakan saya mengatur loadfactornya 2 untuk mengubah menjadi node2

0 komentar:

Posting Komentar