Sam

"Don't Just Feel Special, Be Special"

Kamis, 08 Juni 2017

KONFIGURASI BACKUP AND RESTORE WINDOWS SERVER 2012

11.14 Posted by Unknown No comments
Pertama yang anda lakukan adalah menginstall features Windows Server Backup, caranya adalah sebagai berikut:

1. Klik Manage -> Add Server Roles and Features
2. Pilih Role based or feature-based Installation karena kita hanya akan menginstall pada satu server
 3. Pilih Select a server from the server pool
 4. Windows Server Backup tidak terdapat pada server roles, namun termasuk dalam salah satu features, skip saja langkan ini dengan tidak memilih apa apa

 5. Scroll kebawah dan pilih Windows Server Backup, kemudian klik next.

 6. Klik Install jika anda sudah yakin mau install :)

 Kedua adalah proses untuk mengatur schedule backup otomatis

1. Buka Windows Server Backup dengan mengklik Tools pada server manager kemudian klik Windows Server Backup
 2. Ini adalah tampilan getting started, pada bagian ini adalah menjelaskan apa yang akan dilakukan pada wizard ini, seperti yang saya sudah jelaskan diatas.

 3. Pilih Full Server untuk membackup seluruh server, atau anda juga bisa membackup secara custom hanya beberapa file saja.

 4. Bila anda ingin membackupnya sehari sekali, anda bisa pilih option Once a day, dan apabila anda ingin membackup lebih dari sekali dalam sehari, anda bisa memilih option kedua, dan tentukan pada pukul berapa anda akan melakukan backup.

 5. Pilih tujuan backup, sesuai penjelasan saya diatas, disini saya akan melakukan backup pada shared network folder, atau folder yang dibagikan dalam internet. Maka dalam tahap ini saya memilih option Backup to a shared network folder

 Kemudian akan muncul popup yang memperingati bahwa backup yang paling baru akan mereplace backup yang sudah ada sebelumnya, jadi pada folder tujuan backup hanya terdapat file backup server yang paling terbaru.

 6. Atur kemana file backup akan ditempatkan, disini saya mengatur lokasinya pada sharing \\172.16.11.99\share dan access controlnya sebagai inherit, yaitu option ini membuat file backup dapat diakses terhadap semua orang yang dapat mengakses sharing folder. Maka dari itu saya menganjurka agar bila memilih option ini, anda membuatkan sharing khusus untuk server, agar file backup sever tidak dapat diakses oleh orang lain, seperti nfs yang diatur khusus untuk server anda.

 Kemudian akan muncul popup yang meminta akun verifikasi untuk melakuakn backup secara terjadwal.
 7. Jika anda sudah yakin dan ingin melanjutkan, klik finish

 8. Anda sudah mengatur backup secara terjadwal dan klik close untuk menutup wizard

 9. Silahkan anda buka windows windows server backup, kemudian klik local backup untuk melihat status, dan action yang dapat dilakukan oleh windows server backup terhadap server local.

0 komentar:

Posting Komentar